Kelompok Studi Komunikasi Pascasarjana Unpad

Bersama Kita Berkarya Memimpin Dunia

Perlu Kita Renungkan

Posted by kskunpad pada Oktober 23, 2009

Perlu Kita Renungkan

(K’mera Sembiring)

Bencana alam atau gempa di negara kita secara terus menerus terjadi seperti : Mandailing natal (Sumut), Tasikmalaya (Jabar), Sumbar (Padang) dalam beberapa bulan ini Indonesia terus dikejutkan bencana alam,belum lagi teroris yang kita tidak tau apakah ada disekeliling kita, mengapa ini terus terjadi pada negeri kita ini, mungkin tuhan sudah mulai bosan dengan tingkah laku manusia, , inilah perlu kita renungkan dimana jawaban itu

ibu menangis (gempa padang)Jeritan seorang Ibu  paruh baya ini berteriak sembari memegang telepon genggam dari seorang reporter  TV  pada saat  mengadakan wawancara menyatakan, ” kami telah kehilangan anak, kami telah kehilangan segalanya tak ada lagi yang dapat kami lakukan, dengan menyebut Allah maha besar ibu tersebut terus berucap sembari air mata terus mengalir yang tak hentinya sembari melihat sekeliling bangunnan yang telah rata dengan tanah. Ini adalah potret yang bisa kita saksikan lewat media Televisi yang ditayangkan salah satu media elektronik sejak terjadinya gempa di Padang (Sumbar). Seakan jeritan itu masih terngiang di telinga kita, dikala seseorang mengulurkan kotak bantuan gempa di padang kepada kita.

Berbagai opini dari kalangan pakar gempa  instansi Pemerintah LIPI dan BPPT menyampaikan mengapa terjadi gempa di beberapa wilayah di Indonesia akhir- akhir ini,. melalui media cetak dan elektronik. Bahkan dari pernyataan yang tertulis di media cetrak ada yang menyatakan bahwa gempa terjadi bukan karena alam tetapi dari manusianya, yang kurangnya pengalaman dan keahlian yang cukup untuk bangunan berada di daerah gempa seperti Padang, tidak bisa disamakan kwalitas di setiap daerah karena adanya perbedaan dari struktur tanah. Yang menjadi pertanyaan apakah tidak dapat diatasi gempa atau bencana di negeri kita ini paling tidak untuk mengurangi korban dari bencana tersebut.?


Prof. Dr Jan Sopaheluwakan,Deputi Bidang Jasil LIPI  menyampaikan yang dikutip melalui (www.intralipi.go.id, 12/10/09) bencana atau gempa bukan seperti perkiraan cuaca, dapat diprediksikan kapan akan datang. Gempa atau Bencana terburuk masih bisa datang lagi, untuk itu maka perlu adanya manajemen pelatihan untuk menangani bencana.”Masyarakat kita ini tidak terbiasa dengan pelatihan, biasanya hanya militer saja. Padahal pelatihan untuk penanganan bencana alam, seperti gempa di Sumatra Barat (Sumbar) penting sekali,” disampaikan Prof.Jan

Ketika kita mendengar terjadi bencana terhentak kita sembari tidak kita sadari mengucapkan ”mengapa negeriku ini ” kok sekarang – sekarang ini sering terjadi musibah baik dari alam dan ulah manusia seperti pemboman. Semua yang menjadi korban adalah manusia yang tidak berdosa. Dari kejadian ini perlu kita renungkan siapakah yang disalahkan, pemimpin kah, rakyat kah, atau semuanya. Tidak ada jawaban yang pasti karena semua itu berbalik ke masing masing diri kita.

Seakan kita terus diingatkan dikala terjadi musibah di negeri ini dengan alunan sebagain petikan lagu dari lirik syair Ebiet G Ade,

Kita mesti telanjang dan

benar-benar bersih

Suci lahir dan di dalam bathin

Tengok lah ke dalam

sebelum bicara

singkirkan debu yang masih melekat

Tuhan pasti telah memperhitungkan

amal dan dosa yang kita perbuat

kemanakah lagi langkah yang harus kita tuju

hanya kepadanya

kita bersembah dan bersyujud ,dstnya…….

semoga alunan syair ini dapat menjadi pedoman kita untuk membuat sesuatu yang terbaik di negeri yang kita cintai ini. Paling tidak, kita tidak menambahi hal yang tidak terpuji untuk negeri ini agar tuhan senantiasa mau memberikan ridhoNya di negeri ini.(yp)

Satu Tanggapan to “Perlu Kita Renungkan”

  1. edo 1110 said

    ya Tuhan, apakah belas kasihmu kepada bangsa kami telah demikian kecilnya, sehingga negeri kami berulang terus diterpa bencana ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: